HOME | PROFIL PONDOK | PHOTO ULAMA | GALERY PONDOK | PESANTREN ALMUBAROK | DOWNLOAD MUROTTAL TIMUR TENGAH | IPUL'S BLOG PONDOK PESANTREN USWATUN KHASANAH, ALAMAT : JL. PHANDAWA RT 05 RW 01 DESA KALIRANDU KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG JAWA TENGAH HP. 081911669733, REKENING BRI UNIT PETARUKAN NO. 3793-01-008652-53-6 ATAS NAMA PONPES USWATUN KHASANAH KALIRANDU PETARUKAN... Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah seperti sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir. Pada tiap-tiap butir seratus biji. Allah melipatgandakan pahala bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui.

Minggu, 17 Juli 2011

PROFIL PONDOK PESANTREN USWATUN KHASANAH

A. SEJARAH BERDIRINYA PONDOK PESANTREN USWATUN KHASANAH DAN PERKEMBANGANNYA
Pondok pesantren  “USWATUN KHASANAH” Desa Kalirandu, Kec. Petarukan, Kab. Pemalang, tepatnya di Jalan Phandawa RT 05/01. Didirikan bulan Syawal 1417 H/1995 M. Pada saat itu, kegiatan belajar mengajar dilakukan di mushola Al-Fudhola. Setelah kurang lebih lima tahun para santri bergelut dengan kitab-kitab klasik di mushola tersebut, maka atas inisiatif pengasuh pondok, yaitu Al Mukaram Kyai Sholeh Ahmad Al-hafidz yang merupakan menantu dari Kyai Fadholi. Beliau sendiri sebenarnya bukan warga asli desa Kalirandu melainkan penduduk Desa Keboijo Petarukan. Beliau merupakan alumnus dari pondok pesantren Al-Mubarok- Medono Pekalongan di bawah Asuhan Al-Magfurlah K.H. Anshor Abdulatif.
Beserta para alumninya dan masyarakat setempat, serta beberapa santrinya yang masih sedikit, beliau (Kyai Sholeh Ahmad Al-Hafidz) dengan penuh keyakinan dan harapan dari Allah SWT serta didorong oleh kemauan dan kerja keras mulailah beliau mendirikan sebuah pondok di atas tanah wakaf seluas 20 m2 yang dulunya merupakan mushola Al-Fudhola. Pembangunan pondok pesantren tersebut tidak dilalui dengan mudah. Beliau merasakan sendiri betapa sulitnya mendirikan sebuah pesantren tanpa adanya uang sepeserpun dikantongnya. Membangun sebuah tempat pendidkan sangatlah tidak semudah membalikan kedua telapak tangan. Bisa dibayangkan, untuk membangun sebuah gedung yang berlantai dua saja kurang lebih dibutuhkan dana ratusan juta rupiah, sedangkan pada saat itu beliau al-Mukarom Kyai Sholeh, tidak mempunyai uang sebanyak itu. Beliau selalu mewasiatkan kepada santri-santrinya agar tidak cepat putus asa dan mau berusaha. “Dadi wong kui ojo putus asa, seng penting usaha, mengko tinggal Allah sing nentuake, yakino karo sing gawe urep, lamon pati-pati digawe urep yo mesti gusti Allah ora bakal ngelantarake.” Demikian kurang lebih ucapan beliau ketika memberi nasehat kepada para santrinya.
Dengan hanya modal keyakinan yang kuat terhadap janji Allah yang tertera dalam surat Attalaq, tentang keutamaan dan pahala bagi orang-orang yang bertakwa, maka melalui dana swadaya masyarkat berdirilah pondok pesantren pertama yang ada di desa kalirandu yang diberi nama “USWATUN KHASANAH”.
Pemberian nama tersebut tidak serta merta diberikan. Nama ini merupakan cerminan dari akhlakRasulullah saw yang merupakan suri tauladan bagi semua umat manusia, diharapkan dengan tabrukan terhadap diri Rasulullah, maka pesantren ini kelak akan menjadi uswah khasanah (suri tauladan yang baik) bagi pesantren-pesantren yang lain pada khususnya dan bagi masyarkat pada umumnya.
Pembangunan pondok pesantren Uswatun Khsanah memakan waktu kurang lebih selama setahun, selama itu pula kegiatan belajar mengajar terpaksa dipindah ke ndalem sang pengasuh. Hingga akhirnya pembangunan pondok selesai.
Pada awal tahun 2000, Pondok Pesantren Uswatun Khasanah sudah bisa menempati gedung milik sendiri dengan jumlah santri pada waktu itu mencapai 270 santri baik putra maupun putri, mukim maupun yang tidak mukim. Hingga tahun 2005, Pondok Pesantren Uswatun Khasanah telah mendapatkan pengakuan dan nomor induk statistik dari kantor Departemen Agama Pemalang.

B. ORGANISASI DAN SUSUNAN PENGURUS
Dalam kelembagaan pendidikan, Pondok Pesantren Uswatun Khasanah berdiri secara mandiri dan mempunyai lembaga hukum tersendiri dengan Akta Notaris No : 3 Tahun 2005
Adapun susunan pengurusnya adalah sebagai berikut :
I.  Pengasuh                : Kyai Sholeh Ahmad Al-hafidz
II. Ketua                     : Ustd. Ahmad Nadhif
III. Sekretaris              : Ustd. Mutarofiq, S.Ag
IV.  Bendahara            : Agus Irianto
V. Pembantu Umum    : Ustd. Rifa’i, S. Pd
Nomor Induk Statistik          : 51.2.33.27.10.7.
Nomor HP                              : 081911669733

C. KEGIATAN PENDIDIKAN ATAU KBM
            Kegiatan belajar mengajar dalam Madrasah Diniyah Uswatun Khasanah meliputi kegiatan harian, mingguan, bulanan dan tahunan.

1. Harian        : Dimulai pukul 15.30 WIB sampai dengan 16.30 WIB diikuti oleh
                          semua santri madrasah setiap harinya, kecuali hari Ahad (libur)
2. Mingguan   : Ekstra kurikuler yang diikuti oleh santri kelas 2, 3, dan 4 Madrasah Diniyah Awaliyah
                          antara lain:  Seni Rebana (Hadroh), Seni tilawah, Bahasa Inggris, Pembacaan Maulid 
                          dan   kaligrafi.
3. Bulanan      : Istighosah dan bakti sosial
4. Tahunan    :  - Menyelenggarakan santunan yatim piatu
                         - Menyelenggarakan wisuda madrasah dan khaflah akhirisanah
                         - Menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi, dll

D. KEADAAN KEPALA MADIN, DEWAN ASATIDZ, DAN SANTRI
            Dalam tahun ajaran 1431-1432 H, keadaan dan jumlah dewan asatidz dan santri adalah sebagai berikut :
a. Pengasuh     : Ky. Sholeh Ahmad Al-Hafidz
b. Dewan Asatidz meliputi lima ustadz dan lima ustadzah, yaitu :
            1. Ustad Ahmad Nadhif                    
            2. Ustad Abdul Fatah
            3. Ustad M. Saepudin Zuhri
            4. Ustad Fatkhurozi
            5. Ustad Jahidin

A. SANTRI PONDOK PESANTREN
KELAS
SANTRI PUTRA
SANTRI PUTRI
JUMLAH
Ba’da Magrib I
10
12
22
Ba’da Magrib II
11
8
19
Baida Magrib III
5
15
20
Ba’da Subuh
7
-
7
JUMLAH
68

B. SANTRI MADRASAH ( DALAM NAUNGAN PONDOK PESANTREN )
KELAS
SANTI PUTRA
SANTRI PUTRI
JUMLAH
o (nol kecil)
15
20
35
O (Nol Besar)
19
22
41
I (Satu)
20
22
46
II (Dua)
20
31
51
III (Tiga)
17
26
43
IV (Empat)
12
16
28
JUMLAH
244

C. SANTRI TPQ ( DALAM NAUNGAN PONDOK PESANTREN )
KELAS
SANTRI PUTRA
SANTRI PUTRI
JUMLAH
Ba’da Dzuhur
40
55
95
Ba’da Magrib
30
37
67
JUMLAH
162


E. SARANA DAN PRASARANA PONDOK PESANTREN
Sarana yang dimiliki madrasah adalah sebagai berikut :
No.
Sarana dan prasarana
Jumlah
Keadaan
1
Ruang Kelas
4
Baik
2
Tempat Ibadah
1
Baik
3
Papan Tulis
4
Rusak ringan
4
MCK
2
Rusak ringan
5
Mesin Ketik
1
Baik
6
Pengeras suara
1
Rusak ringan
7
Asrama
4
Rusak ringan

- Gedung pondok pesantren dua lantai
- Nomor Akta Wakaf 568

F. PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN
            Pada perkembangannya, Pondok Pesantren “USWATUN KHASANAH” mengalami pertambahan santri, banyak santri yang berminat untuk mendalami ilmu agama,  yang selanjutnya menjadikan ruang kelas tidak lagi mencukupi. untuk itu, pihak pondok pesantren dan masyarakat setempat memprogramkan dalam jangka pendek untuk sesegera mungkin membangun ruang kegiatan belajar mengajar di atas tanah sisa bangunan yang ada dan bersetatus wakaf.

G. KEBERADAAN PONDOK PESANTREN DI TENGAH MASYARAKAT
            Dengan adanya Pondok Pesantren “USWATUN KHASANAH” di tengah masyarakat, maka alhamdulilah bisa mewarnai, meladeni dan mengabdi kepada masyarakat khususnya dalam bidang sosial keagamaan, dan berusaha memasyarakatkan ajaran agama Islam ditambah dengan dekatnya pondok pesantren dengan masjid setempat, menjadikan masjid yang ada di lingkungannya tambah syi’ar serta menjadi bukti sumbangsih dan kontribusi Pondok Pesantren terhadap masyarakat.

H. PENUTUP
            Sebagai lembaga pendidikan keagamaan, Pondok Pesantren “USWATUN KHASANAH” turut serta bersama masyarakat mengentaskan kebodohan, dalam hal ini yang paling penting adalah peningkatan ahlakul karimah yang pada era sekarang ini telah melemah akibat tak terbendungnya arus globalisasi. Pondok Pesantren “USWATUN KHASANAH” juga senantiasa berupaya mencetak generasi muslim dan muslimat yang pancasilais, mecintai kesatuan NKRI, serta mendidik para penerus bangsa agar mempunyai SDM yang memadai.

2 komentar:

Kalirandu mengatakan...

Assalamu'alaykum wr wb
Semoga Ponpes Uswatun Khasanah semakin maju,
Salam kenal

Unknown mengatakan...

bisa sambil sekolah MTs tdk ya?

Posting Komentar

Sholawat Langitan